Search site


Contact

Bocah_Ngawi
Cipinang Bali rt10 rw 4,Kec Makasar Jaktim

Telepon : 085730835973

Facebook : vendi_1922@yahoo.com

E-mail: Arif_novendi@yahoo.com

Mengenal Windows Vista

24/12/2009 11:49

    Vista, penerus Windows XP, yang telah lama dinanti banyak orang baru akan memenuhi komputer-komputer dunia tahun depan. Namun Microsoft awal Juni 2006 sudah meluncurkan versi pre-released beta 2 untuk dicoba oleh publik. Untuk konsumen, Microsoft mengatakan Windows Vista akan lebih cepat, lebih mudah dan lebih menyenangkan untuk melakukan hal-hal seperti mencari foto keluarga dan menonton film. Singkat kata, Vista akan menjadi kesenangan baru bagi para pengguna komputer. Vitur baru dari Windows VistaSejak peluncuran Vista versi beta 1 pada pertengahan 2005 lalu, berbagai media terutama media online semakin berlomba menampilkan artikel tentang Vista dan seperti apa tampilannya di layar komputer. Coba tengok Windows Vista Screenshot Gallery yang beralamat di http://www.winvistabeta.com/. Dalam situs ini ditampilkan berbagai preview tampilan Vista di layar PC. Bahkan situs Wikipedia, http://en.wikipedia.org/wiki/Windows_ Longhorn, sudah mengumpulkan segudang informasi tentang Vista yang sebelumnya bernama Longhorn ini kepada para pembacanya.

Tidak ketinggalan pula majalah dan tabloid komputer lokal. Majalah CHIP mulai edisi Mei 2006 membuat tulisan berseri tentang Vista dalam rubrik ‘Vista Watch’. Dalam edisi Mei ini, CHIP mengupas tuntas Interface Baru Windows Vista yang semakin memanjakan mata penggunanya dengan efek visual berkat Aero Glass, icon beresolusi tinggi, start menu yang lebih rapi, sidebar, dan vista theme yang dominan dengan suasana gelap.

PC Magazine Edisi Juni 2006 malah menjadikannya judul cover ‘Menyibak Tirai Windows Vista’. Sepanjang 12 halaman, PC Magazine menyuguhkan pembacanya berbagai kelebihan dari Windows Vista yang dipecah dalam beberapa judul diantaranya semakin nyamannya berselancar dengan Internet Explorer 7+ yang sudah didukung dengan RSS Feeds, tabbed browsing, parental control, dan sebagainya, sekuriti yang lebih kokoh, dukungan multimedia yang makin canggih dan kemampuannya untuk berkolaborasi lewat Windows Collaboration.

Fitur Baru dari Windows Vista
Windows Vista memang memberikan banyak kemudahan terkait masalah desain grafis, animasi, pengaturan dokumen bisnis dan kemudahan berinteraksi dengan bisnis, kemudahan melakukan akses internet, dan sebagainya. Demi semuanya itu, Vista menyodorkan berbagai fitur baru dan fitur lama yang ditingkatkan kemampuannya.

tFLIP 3DBila Aero & Glass diaktifkan, tekan logo Windows + Tab untuk berpindah melalui semua jendela yang terbuka.Windows Aero
AERO (Authentic, Energetic, Reflective, and Open) adalah sebuah desain user interface dan engine grafis terbaru yang digunakan pada Windows Vista. AERO dapat membuat Windows Vista hadir dengan penampilan window yang transparan (seperti kaca), animasi dimensi pada icon beresolusi tinggi, juga fitur eye candy yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pengguna Mac OS X.

Windows Sidebar
Fitur Windows Sidebar akan memunculkan berbagai informasi yang diinginkan oleh penggunanya, seperti real-time informasi ramalan cuaca, informasi tentang berbagai harga saham, status sistem, dan informasi-informasi lainnya yang dapat di setting sendiri oleh penggunanya seperti berita olahraga dan sebagainya. Windows Vista juga dilengkapi dengan Auxiliary Display untuk memudahkan para pengguna laptop mendapatkan informasi-informasi penting yang mereka perlukan seperti jadwal pertemuan, daftar alamat dan nomor telepon penting, email terbaru dan lain sebagainya tanpa harus masuk ke dalam display utama laptop mereka. Auxiliary Display ini akan terus tampil bahkan pada saat laptop berada dalam keadaan stand-by atau pada saat laptop mati.

DirectX 10
Windows Vista juga akan mulai menggunakan DirectX 10, sebuah versi baru Direct3D dengan beberapa fitur lama yang dihilangkan. Saat melihat melalui dxdiag, mungkin versi yang terlihat adalah versi 9.0c. Tapi bila Anda melihat ke bagian tab yang ada di atasnya, beberapa tab sudah dihilangkan. Apa saja yang dihilangkan? DirectPlay dan DirectMusic. DirectPlay dihapuskan karena aslinya dirancang untuk keperluan game P2P melalui koneksi serial. Sementara game multiplayer saat ini lebih banyak menggunakan Internet Protocol. Sedangkan DirectMusic dipakai untuk membuat musik game berbasis MIDI yang saat ini juga jarang digunakan, dan akhirnya dihilangkan. Tambahan terbesar pada DirectX 10 adalah dukungan untuk geometry shader. Melalui shader ini para developer bisa memanipulasi gambar primitif dengan menggunakan shader. Dengan geometry shader, akan membantu mengurangi bottleneck pada bandwidth memory, terutama saat melakukan rendering gambar yang berbentuk seperti rambut atau bayangan.

s WINDOWS EXPLORER File management tool-nya berubah drastis. Daftar toolbar berubah tergantung isi folder dan daftar Favorite Link bisa diubah-ubah.Search
Tata letak fitur Search pada Windows Vista akan mengalami sedikit perubahan. Bila pada Windows XP tombol F3 digunakan untuk melakukan pencarian atau mengaksesnya melalui start menu, maka pada Vista fungsi pencarian sudah terintegrasi pada start menu itu sendiri. Windows Vista juga mengadopsi fitur Instant Display yang sebelumnya sudah dapat ditemukan pada Google Desktop dan Mac OS X. Fitur ini juga dapat melakukan menyimpan hasil pencarian dari Virtual Folder bahkan dari RSS/ATOM feed.

Internet Explorer 7+
Untuk keperluan browsing internet, seperti halnya Windows XP yang sudah terintegrasi dengan IE6, maka Windows Vista akan hadir dengan IE7+. Pengguna Windows XP juga dapat menginstal IE baru ini namun dengan nama IE7 tanpa tanda plus di belakangnya. Tanda + diberikan untuk membedakan IE milik Vista dan XP. Pada versi 7 ini mengalami banyak perbaikan security dan penambahan fitur-fitur yang menarik. Phishing filter sebagai ActiveX Opt-in untuk menghalangi serangan ActiveX dari website para cracker, RSS feed reader untuk membaca berita melalui RSS feed, Quick Tabs yang dapat dikumpulkan dalam satu grup sesuai kategori website, Page Zoom, Search Box, dan Advanced Printing. Selain itu, terdapat Fitur Parental Control, yang memungkinkan orang tua bisa mengatur penggunaan komputer berdasarkan waktu (time limit). Misalnya hanya bisa diaktifkan dua hari dalam seminggu, masing-masing enam jam. Jika tak menginginkan anak-anak bermain game tertentu, bisa dilakukan pembatasan pada game dimaksud. Parental control juga memungkinkan seseorang memblok situs-situs tertentu, termasuk di dalamnya materi-materi yang tidak bisa diakses. Misalnya materi mengenai pornografi. Yang menarik, Vista juga memungkinkan seseorang lebih dari sekadar melakukan pembatasan dengan adanya activity report. Dalam activity report terdapat informasi kapan komputer diaktifkan, situs mana saja yang berhasil diakses dan tidak berhasil diakses.

START MENU Ukuran layout dua kolom lebih kecil dibandingkan dengan Windows XP dan kedua kolom tidak sama besar untuk memudahkan akses ke berbagai aplikasi.Windows Media Player 11
Secara garis besar, Windows Media player 11 tidak terlalu mengalami perubahan dari versi sebelumnya, kecuali dari peletakan tombol dan UI (user interface) yang sedikit diberi sentuhan AERO agar lebih cocok dengan Vista. Yang paling mencolok adalah tombol navigasi yang digeser ke arah tengah sehingga sekilas mirip dengan ITunes milik Apple. Demikian pula proses pencarian pada media library terasa lebih cepat pada versi ini.

Windows Mobility Center
Fitur ini hanya akan ditemukan oleh user yang menggunakan notebook dengan sistem operasi Windows Vista karena fungsinya yang memang dikhususkan untuk jenis komputer portabel. Seperti fitur akses cepat ke kondisi baterai, display external, sound, dan wireless LAN yang memang biasanya hanya ada pada komputer portabel.

Instant Desktop Search
Operating System yang baru ini juga mengintegrasikan Instant Desktop Search untuk memperbaiki fungsi Search dari Windows versi sebelumnya. Oleh karena itu, Windows Vista ini akan menggunakan indexing yang jauh lebih baik dan user-assignable metode yang akan membuat pencarian untuk file-file apapun, termasuk email dan Web content, semakin mudah.

Windows Collaboration
Modul Windows Collaboration yang menggunakan
teknologi peer-to-peer akan memungkinkan pengguna Vista untuk bekerja bersama-sama dalam suatu ruang kerja secara virtual. Penggunanya dapat membentuk suatu kelompok kerja dan kemudian bekerja bersama-sama dalam suatu dokumen tertentu, melakukan persentasi dan saling bertukar pesan. Bahkan sesama pengguna Windows Vista dapat melakukan “posting handouts” satu dengan lainnya.

AERO & GLASS Bila komputer Anda mendukungnya, title bar menjadi transparan dan window controls berpendar ketika	aktif. Warna dan transparansinya bisa diubah sesuai selera.Go Mobile
Bagi pengguna PDA ataupun Mobile Phone, Windows Vista mempunyai fitur Sync Center yang akan dapat secara otomatis mengintegrasikan aplikasi  PDA atau Mobile Phone Anda untuk memudahkan transfer file atau email ke dalam komputer Anda.

Volume Control
Satu hal lagi yang menarik dari Windows Vista adalah pada volume control-nya. Dalam Windows XP, volume control hanya berupa slider-slider sederhana seperti yang sudah ada sejak zaman Windows 95. Namun dalam Vista, volume control dapat mengatur kondisi volume suara yang berbeda untuk setiap aplikasi yang menyala. Pengguna bisa mengatur aplikasi mana yang lebih keras suaranya. Semuanya terserah dengan selera dan kebutuhan telinga pengguna.

Butuh Komputer Berkapasitas Besar
Microsoft membagi dua jenis spesifikasi komputer agar Vista bisa berjalan dengan baik, Windows Vista Capable PC dan Windows Vista Premium Ready PC. Dari segi kapasitas memori yang dibutuhkan, Windows Vista membutuhkan memori yang hampir dua kali lipat dibandingkan dengan Windows XP, baik untuk random access memory (RAM), harddisk, maupun kartu grafis. Pasalnya, untuk menjalankan sistem operasi ini dibutuhkan kapasitas RAM minimal 512 MB.

Demi kenyamanan dianjurkan menggunakan RAM berkapasitas 1 GB. Kapasitas RAM 512 MB diperuntukkan untuk mendukung Windows Vista saja sedangkan untuk tampilan grafis yang mendukung fitur Windows Aero diperlukan kartu grafis dengan memori yang besar. Kartu grafis dimaksud adalah kartu grafis sebesar 128 MB terbaru yang memiliki Windows Display Driver Model (WDDM) merek ATI dan NVidia. Meski demikian, kartu grafis 32 MB atau 64 MB masih dapat digunakan namun efek Aero tidak akan muncul. Selain itu, instalasi Windows Vista juga membutuhkan kapasitas penyimpan yang besar. File sistem dan file-file pendukung hasil instalasi diperkirakan mencapai lebih dari 1 gigabyte.

Windows Vista yang Cocok Untuk Anda
Microsoft rencananya akan meluncurkan enam versi Windows Vista diantaranya Vista Ultimate, Vista Enterprise, Vista Business, Vista Home Premium, Vista Home Basic, Vista Starter, dan Vista N. Dari keenam versi Windows Vista, tiga di antaranya ditujukan untuk konsumen pribadi, dua untuk kalangan bisnis, dan edisi bongkar pasang untuk pasar yang terus berkembang. Versi yang diharapkan dapat menjadi populer di kalangan pengguna pribadi adalah Windows Vista Home Premium. Dengan sistem operasi tersebut, pengguna komputer dapat merekam dan melihat televisi berkualitas tinggi atau menulis dalam format DVD dan berbagai fungsi multimedia lainnya.

Vista Home Premium akan menjadi pilihan alternatif di antara Windows Vista Ultimate yang dilengkapi fitur bisnis dan Windows Vista Home Basic yang tidak dilengkapi kemampuan multimedia. Untuk pengguna dari kalangan bisnis, Microsoft merencanakan Windows Vista Business untuk usaha kecil menengah yang tidak memiliki staf teknologi informasi. Sedangkan, Windows Vista Enterprise ditujukan untuk perusahaan besar dan global dilengkapi fitur enkripsi untuk melindungi data dalam komputer meskipun komputer dicuri. Selain itu, versi ini juga memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi yang didesain untuk sistem operasi sebelumnya.

Seluruh versi, baik untuk pengguna pribadi maupun bisnis tersedia untuk sistem komputer 32 bit maupun 64 bit. Prosesor 64 bit mampu memroses informasi dua kali lipat lebih cepat daripada komputer 32 bit. Khusus untuk pasar di Eropa, Microsoft juga akan merilis versi Vista Home Basic dan Vista Business tanpa Windows Media Player di Eropa agar tidak dikenai sanksi monopoli oleh Uni Eropa. (Berita Indonesia 18)